Selasa, 19 Juni 2012

Fenomena Ucapan Ulang Tahun Saat Ini


Mengutip dari pengalaman teman dekat, yang baru saja berulang tahun, Anggita B. Wibowo pada 16 Juni kemarin, saya pengen cerita sedikit tentang fenomena ulang tahun saat ini.

Sejak facebook booming, setiap orang bisa tahu tanggal ulang tahun kita, baik yang kenal atau enggak. Sebenernya udah dari jama friendster dulu sih ya. Tapi perlu kalian ketahui, sebenernya ada nggak sih dari sekian banyak orang yang bener-bener inget tanggal lahir kalian tanpa perlu melihat dari facebook?

Dulu waktu jaman SD-SMP, mungkin SMA juga, saya dan teman-teman yang lain rajin ke kantor TU untuk cari tahu tanggal ulang tahun guru wali kelas kita. Sampai pada harinya datang, kita bikin surprise kecil2an plus kado sederhana dari uang patungan sekelas. Simple memang, tapi itu berkesan.

Kakak perempuan saya dulu juga pernah ditaksir oleh teman laki-lakinya, dan demi mendapatkan informasi tanggal lahirnya, ia menyogok saya dengan sebatang toblerone untuk memberi tahunya. Lucu ya? Tapi perjuangannya itu lho yang menurut saya patut dihargai.

Jika dibandingkan dengan sekarang, mungkin enak sih ya banyak yang langsung tahu tanggal ulang tahun kita, enak juga bisa dapet banyak ucapan, tapi yaaa... kalo saya baca-baca ulang, ucapannya kadang berasa agak nggak niat gimanaaa gitu, yang sampe ngucapinnya cuma pake 3 huruf "HBD" ya mungkin panjang dikit lah jadi "HBD WYATB"

Antara pengen ngucapin tapi kok nggak kenal deket, udah ngucapin juga jadinya keliatan nggak niat amat. Seenggaknya jangan sok dibikin akronim juga lah. Pake kalimat "Selamat Ulang Tahun :)" itu lebih baik kok, atau kalo emg nggak kenal deker malah nggak usah ngucapin sekalian juga nggak masalah2 amat kok buat si yang ulang tahun.

Yang kenal pun aku yakin juga nggak jarang yang ngucapinnya pake akronim HBD tadi. Lah, panjang dikit juga nggak jadi bikin kamu boros kuota modem juga kan kakak2 sekalian?

Sekarang saya tantang aja deh, siapa yang berani ngehapus tanggal ulang tahun kalian di facebook dan mencoba membuktikan siapa yang benar-benar tahu dan ingat tanggal ulang tahun kalian?
Sekalian menghitung teman2 baru kalian yang mungkin bener2 belom tahu kapan ulang tahun kalian tapi sudah mencoba perhatian untuk mencari tahu dan sekedar memberi ucapan.

Pilih mana? Sedikit yang ngucapin tapi berkesan? Atau ratusan bahkan ribuan wall post, mention, message, tapi tanpa arti lebih?
Pilih kualitas? atau kuantitas?
Sepele sih... Tapi nggak ada salahnya dicoba :)

3 komentar:

  1. waktu makan kue ultahnya Anggita kmaren aku nggigit sesuatu yg keras dn ga ada rasanya itu apa lilin ya, serius.

    BalasHapus
  2. jangan2 kembangnya mas? duh... pie lho? terus gimana? ketelen nggak mas? serius juga ini

    BalasHapus
  3. ketelen, serius, tpi knapa di kue bisa ada kembang??

    BalasHapus

Sample Gadget 2

Pengikut