Minggu, 16 September 2012

Tips untuk Menjaga Kesehatan Rambut Walaupun Tertutup Jilbab

Assalamualaikum wr. wb.

Bagi para muslimah yang sudah setiap harinya menggunakan jilbab, pasti sering menemui masalah-masalah rambut seperti berminyak, rontok, lepek, dll.
Di sini, saya pengen bagi sedikit tips bagi para ukhti yang pengen merawat kesehatan dan kecantikan rambutnya walaupun tertutup setiap harinya tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya dan menyisihkan waktu untuk merutinkan pergi ke salon. Karena bagaimana pun juga rambut adalah mahkota bagi setiap perempuan.

Pemilihan waktu keramas
Untuk menjaga kesegaran rambut, kita perlu mencuci rambut paling tidak dua kali sehari. Namun pemilihan waktunya kalau bisa di saat kita tidak terlalu tergesa-gesa. Maksudnya di sini adalah jenjang waktu setelah keramas sampai kegiatan di luar rumah bisa cukup luang untuk proses pengeringan, contohnya saat mandi sore. Hal ini dilakukan karena kebanyakan dari teman-teman saya sering keramas di pagi hari, lalu dengan rambut yang basah mau tidak mau harus diikat dan tertutup jilbab hingga aktifitas berjalan sehari penuh. Ini akan membuat rambut semakin lembab, mudah berketombe, dan rontok.
Sehingga tidak ada salahnya menggunakan pengering rambut sebelum mengikat dan menutupnya dengan jilbab, itu akan lebih baik daripada rambut dibiarkan terikat dalam keadaan basah.

Hair mask dan Creambath
Bermacam-macam produk hairmask dan creambath yang berkualitas dan tidak terlalu mahal bisa ditemukan dimana saja. Ada baiknya untuk para ukhti melakukan perawatan hair mask dan creambath secara rutin di rumah dua minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan, kehalusan, dan kekuatan rambut agar rambut bisa tetap sehat walaupun tertutup. Penggunaan steamer yang biasa terdapat di salon bisa dialternatifkan menggunakan handuk panas.

Pengguntingan rambut
Rambut yang terlalu panjang dapat memicu kerontokan. Hal ini disebabkan oleh rambut yang terlalu panjang, akan membuat kulit kepala tidak kuat menopang sehingga diperlukan regenerasi rambut dengan cari memotong rambut paling tidak 2-4cm setiap 6 bulan - 1 tahun sekali.

Penggunaan serum dan hair tonic -tambahan-
Sebagai tambahan, agar kekuatan rambut semakin terjaga dan ketebalannya tetap indah, tidak ada salah bagi para ukhti untuk menggunakan hair tonic setelah keramas sebelum rambut dikeringkan. Hair tonik yang dipilih bisa yang berasal dari bahan alami seperti ginseng atau lidah buaya.
Lalu, rutinnya penggunaan pengering rambut harus diimbangi dengan perlindungan dari panasnya pengering rambut tersebut, hal ini dengan cara menggunakan serum rambut yang diaplikasikan pada rambut saat rambut setengah kering supaya rambut tidak merah, kering, dan bercabang.

Mungkin itu beberapa tips untuk para ukhti agar bisa tetap menjaga keindahan rambutnya. Jangan malas untuk tetap merawat mahkota pemberian Allah ya ukhti...
Biar ketutup, rasanya... selalu cantik dari dalam ;)
semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr. wb

1 komentar:

  1. Assalamualaikum, Terima kasih atas tulisan ini yang sangat bermanfaat. Memakai jilbab memang harus pilih daleman yang sehat juga, seperti di Aimee Inners.

    Terima kasih kaka admin, sudah memberi ijin comment saya :) Semoga admin sehat dan sukses selalu

    BalasHapus

Sample Gadget 2

Pengikut